Cantiknya taman kota di Waduk Pluit karya Jokowi

Cantiknya taman kota di Waduk Pluit karya Jokowi

Masih jelas dalam ingatan kita bagaimana sulitnya Pemprov DKI menggusur pemukiman ilegal di sekitar Waduk Pluit, Jakarta Utara. Kala itu warga melakukan perlawanan hingga masalah ini berujung di Komnas HAM.

Tapi beberapa bulan setelahnya, tepatnya pertengahan Agustus ini, kawasan kumuh yang dulunya bau sampah sudah menjadi Taman Kota yang indah dan sejuk. Taman itu kini jadi magnet tersendiri bagi masyarakat sekitar untuk berlibur bersama keluarga.

"Sekarang sudah enak, kita hampir setiap hari kalau bosen, pilihnya ke waduk, murah meriah," cerita salah satu warga, Sumiarsih (38) di lokasi, Jakarta, Selasa (20/8).

Wanita yang bermukim di kawasan Muara Baru itu menambahkan hampir setiap hari dirinya menyisakan waktu lebih kurang dua jam untuk sekadar membawa putranya, Rifky (5), bermain dan memberi makan.

"Orang kalau kemari juga ramai-ramai sama ibu-ibu yang lainnya," ujarnya sambil tertawa.

Siti Maemunah (42), pengunjung lainnya juga mengungkapkan hal yang sama. Dia berharap di Taman Waduk Pluit semakin meriah dengan membuat hiburan rakyat agar warga yang datang lebih banyak lagi.

"Kalau sudah begini, bisa dong, bikin acara dangdut, apalah, jadinya waduk bisa lebih ramai," imbuh Siti yang datang bersama dua anaknya.

Sebagian wilayah Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, kini menjadi menjadi area publik. Taman ini diresmikan langsung oleh Jokowi tepat tanggal 17 Agustus lalu.