Jakarta masih akan diguyur hujan beberapa hari ke depan

Jakarta masih akan diguyur hujan beberapa hari ke depan

BERITA BOGOR - Guyuran hujan pagi ini mengawali kesibukan awal pekan di Jakarta, Senin (17/6). Hujan juga diperkirakan masih akan terus turun dalam beberapa hari ke depan.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hari ini Jakarta dilanda hujan ringan, dengan suhu 24 - 32 C dan kelembaban : 57 - 94 persen.

BMKG juga memperkirakan hujan masih akan melanda ibu kota sampai tiga hari ke depan. Kondisi yang sama juga bakal dialami Aceh, Sumatera Utara bagian Timur, Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah bagian Selatan, Kalimantan Timur bagian Utara dan Timur, NTT bagian Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan bagian Utara, Papua bagian Tengah dan Selatan.

Hujan yang masih melanda di musim kemarau ini, menurut BMKG, terjadi karena adanya daerah tekanan rendah di Laut Filipina dan Samudera hindia sebelah Selatan Lampung. Pumpunan angin memanjang dari Selat Makassar bagian Utara hingga Laut Filipina, dari Pesisir Selatan jawa Timur hingga perairan Selatan Banten serta dari Riau hingga Laut Cina Selatan. 

"Kondisi tersebut mendukung peningkatan aktivitas pertumbuhan awanawan hujan hampir di seluruh wilayah Indonesia," tulis BMKG di situs resminya.